3 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga membutuhkan energi dan gerakan sehingga otot dan sendi akan bekerja keras. Otot membutuhkan darah dan oksigen ekstra sehingga jantung dan paru-paru juga akan ikut bekerja lebih intens dari biasanya. Begitu juga dengan kerja otak, ginjal, kulit, dan sistem pencernaan Anda.

Relaksasi Sehabis Olahraga

Semua aktivitas tersebut patut menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memanjakan tubuh. Caranya dengan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Berikut tips relaksasi tubuh yang sehat setelah olahraga.

1. Berendam air hangat

Nyeri otot dan pegal-pegal menjadi efek samping langganan setelah olahraga. Apalagi jika Anda tidak melakukan aktivitas fisik ini secara rutin. Ini normal terjadi karena otot mendapatkan banyak tekanan pada aktivitas tersebut. Untuk meredakan kondisi dengan memperbaiki dan memulihkan kembali otot, Anda bisa berendam dengan air hangat.

Panas dari air bisa meresap pada kulit, jaringan dan otot sehingga cocok untuk relaksasi tubuh. Berendamlah selama kurang lebih 20 menit. Jangan mandi terlalu lama, sebab bisa membuat kulit Anda kering. Pastikan juga untuk banyak minum air putih sebelumnya.

2. Foot spa
Lari, lompat, jalan kaki, dan olahraga lainnya yang membebani kaki bisa bikin pegal dan juga lecet. Untuk membantu melemaskan otot kaki dan membantu mempercepat luka untuk mengering, Anda bisa melakukan foot spa. Caranya mudah, Anda perlu menyiapkan air hangat, ember atau wadah air, dan juga garam epsom.

Garam yang Anda gunakan bukan garam biasa, tetapi garam epsom. Garam ini mengandung campuran elektrolit yang baik untuk jantung, otot, dan saraf. Salah satunya adalah magnesium yang bisa meringankan peradangan dan memulihkan rasa sakit pada otot.

3. Gunakan foot cream
Setelah melakukan foot spa, tindakan selanjutnya adalah mengoleskan foot cream pada kaki Anda. Haruskah ini dilakukan? Ya, sebab olahraga bisa memberikan tekanan lebih pada kaki, terutama bila Anda melakukan jalan santai sambil bertelanjang kaki.

Krim khusus kaki membantu mencegah kapalan, melembapkan kulit kaki, dan mencegah kulit kaki retak-retak. Oleskan krim kaki dan pijat secara perlahan untuk menghilangkan rasa pegal sekaligus.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga"

Post a Comment